Seller Center

Melihat Daftar Pesanan yang Telah Dikirim

5-1-2018, 08:44 AM

Di menu ini, kamu bisa melihat seluruh order yang no resinya sudah terinput.

Kamu bisa mencetak detail setiap pesanan yang telah kamu kirimkan, di menu “Detail Pesanan”, dan klik “Cetak” dibagian bawah kanan halaman.

Berikut adalah tampilan cetak :

Oh ya! Di menu ini, kamu bisa mengajukan perpanjangan waktu, jika tiba – tiba ada kendala di logistik yang kamu pilih, untuk menghindari auto completed transaksi.

Klik menu “Prolong” untuk mengajukannya.

Kamu akan diberi perpanjangan waktu sampai dengan 3 hari. Tapi, aktivitas ini juga harus disetujui oleh pembeli terlebih dahulu yaa ketika kamu sudah mengajukan prolong.


 

Mengelola Pengiriman (Paid)

5-1-2018, 08:41 AM

Di menu ini, kamu bisa melihat seluruh order yang sudah dibayar oleh pembeli, yang artinya order tersebut sudah siap untuk kamu kirimi pesanannya. Tampilan yang akan muncul adalah sebagai berikut :

Selanjutnya, jika produk sudah siap dikirimkan, kewajiban kamu sebagai penjual adalah untuk mengirimkan pesanan tersebut. Klik tombol “ship”, kemudian akan muncul tampilan berikut :

Pilih logistik yang akan digunakan. Bisa menggunakan logistik yang sudah terintegrasi oleh BLANJA.com, seperti Pos Indonesia, First Logistic (FL), JNE, dan J&T, atau menggunakan logistik diluar itu, dengan memilih lainnya. Jika memilih lainnya, selanjutnya pilih Logistic Name, sesuai yang digunakan, dan masukkan no resinya, seperti gambar di atas.


Disini, kamu bisa mengajukan perpanjangan waktu dalam memproses barang, hal ini mungkin saja kamu lakukan, ketika kamu masih harus menunggu stok barang atau produksi barang pesanan. Pilih transaksi yang akan diperpajang waktu untuk memprosesnya. Klik, “Perpanjang Waktu Proses Barang”, kemudian pilih tanggalnya. Pastikan tanggal yang kamu pilih adalah tanggal setelah batas maksimal input nomo resi, yaitu 4 hari kerja (tidak menghitung Sabtu Minggu dan Tanggal Merah). Seperti contoh dibawah ini, status paid order di tanggal 18 Oktober, maka batas maksimalnya adalah tanggal 24 Oktober, perpanjangan waktu yang bisa dipilih adalah setelah tanggal 24 Oktober :

Berikan kembali pesan untuk pembeli sebagai pengingat alasan perpanjangan waktu yang telah kamu komunikasikan sebelumnya (maksimal 100 karakter) :

 

Klik “Kirim”, dan permohonan perpanjang waktu proses barang kamu telah berhasil diajukan.

Berikut kami bantu lampirkan ilustrasi cara mengajukan perpanjangan waktu proses barang, yang juga dapat kamu share ke teman – teman kamu, Selamat Berjualan!


 

Melihat Daftar Pesanan

5-1-2018, 08:35 AM

Sebagai penjual,  kamu dapat melihat daftar transaksi penjualan yang terjadi di toko kamu dengan langkah – langkah berikut  :

  1. Pilih menu my store
  2. Piih menu Transaksi Penjualan / Sold Products , di bagian Kelola Pemesanan / Order Management.

Di menu tersebut, kamu dapat melihat seluruh transaksi yang ada di toko kamu. Berikut adalah menu – menu transaksi yang kamu bisa lihat (6) :

  1. Semua Pesanan / All Orders.

    Di menu Semua Pesanan / All Orderskamu bisa melihat seluruh order yang ada di status Placed, Paid, Shipped, Completed, dan Closed.

  2. Dipesan / Placed

    Di Menu ini kamu bisa melihat seluruh order yang masih ada di keranjang belanja pembeli. Disini kamu bisa mencoba aktif dengan si pembeli loh. Sapa mereka dan informasikan kepada mereka bahwa stok produk yang menarik perhatian mereka ready!

  3.  Sudah Dibayar / Paid
  4. Telah Dikirim / Shipped
  5. Transaksi Selesai / Completed

  6. Ditutup / Closed

Upload Foto Produk Terbaikmu

4-1-2018, 03:24 PM

Kamu sudah punya toko di BLANJA.com? Saatnya upload produk terbaikmu untuk dipasarkan di BLANJA.com. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Pilih menu my store, di pojok kanan atas.


Klik menu “Tambahkan Produk” atauAdd Product”, dibagian “Kelola Produk” atau “Product Management”.

Pilih kategori produk di BLANJA.com yang sesuai dengan produk yang hendak kamu upload. Ikuti langkah tersebut sampai selesai, kemudian klik “Lanjutkan” untuk mengisi informasi lengkap tentang produk tersebut.


Selanjutnya, kamu harus mengisi informasi dasar dan detail lainnya mengenai produk yang hendak kamu upload.

Pada gambar di atas, jika kamu memilih kategori Fashion, Olahraga & Kesehatan Kecantikan misalnya, kamu diminta untuk memilih Fashion Brand yang sesuai dengan produk yang kamu miliki, namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa produk fashion yang belum memiliki brand. Jangan khawatir, kamu tetap bisa memilih pilihan “No Brand”.

Selanjutnya, pada Info Pengiriman, kamu diwajibkan untuk mengisi berat produk yang hendak kamu upload. Untuk pengisian berat volumetrik, harus menggunakan bilangan bulat, dan satuan cm (kolom centimeters), contoh : 1,5,10, dst, kemudian pindah ke kolom samping kanan, untuk pengisian kolom berat aktual, diperbolehkan menginput satu angka dibelakang koma, untuk pilihan satuan kilogram (kg), tanda koma ditulis dengan titik. Contoh : 0.5 , 1.2, dst. Bila hitungan berat volumetric lebih berat dari berat actual, maka biaya kirim akan dihitung berdasarkan hitungan berat volumetric.

Rumus perhitungan berat volumetric : (Panjang x Lebar x Tinggi) / (6000) x 1 Kg – untuk berat pengiriman


Selanjutnya, isilah nama produk yang sesuai, pastikan kata pencarian yang kamu gunakan, sudah sesuai dengan apa yang biasanya dicari oleh calon pembeli produk kamu. Berikut adalah contoh formula penamaan produk yang disarankan :

 {Brand} {Nama Produk} {Tipe} – {Spesifikasi} – {keterangan tambahan lainnya}

Untuk {Tipe}, {Spesifikasi}, & {keterangan tambahan}, Mohon ditambahkan sesuai dengan kategori produk

Ketika nama produk sudah kamu lengkapi, kamu bisa melengkapi informasi produk kamu dengan informasi varian. Warna dan Ukuran dapat kamu turut lengkapi disini. Jika ada informasi warna dan ukuran yang tidak sesuai dengan produk kamu, kamu bisa melakukan edit pilihan, dengan cara klik centang salah satu pilihan, kemudian klik teks pilihannya, dan kamu sudah bisa mengeditnya.

Tampilan default :

Tampilan setelah edit :


Setelah mengisi varian produk, selanjutnya kamu dapat mengupload gambar untuk produk dengan varian tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan harga jual produk tersebut. Lengkapi pula stok barang yang tersedia untuk para pembeli BLANJA.com.


Kamu juga bisa menambahkan harga label, yang dimana harga label tersebut harus lebih besar dibandingkan harga jual nominalnya. Hasilnya akan menjadi seperti berikut di PDP (Product Display Page) :


Selanjutnya, kamu harus mengupload gambar utama untuk produk tersebut, yang akan menjadi gambar default saat pembeli mengunjungi PDP (Product Display Page). Deskripsi produk tidak boleh melampaui 25.000 karakter. Teks, gambar, dan hyperlink bisa kamu tambahkan di deskripsi.

Berikut adalah ketentuan foto yang hendak diupload di BLANJA.com :


Setelah kamu mengisi informasi lengkap mengenai produk tersebut, kamu dapat melengkapi informasi pengirimannya.

 Pada kolom ini, kamu dapat memilih siapa yang dikenakan biaya pengiriman, pembeli atau kamu sendiri sebagai penjual yang akan mencover biaya pengiriman tersebut. Jika kamu memilih “Buyer covers the shipping fee”, kamu dapat memasukkan angka tetap yang akan dibayarkan oleh pembeli, atau pilih salah satu angka dari template pengiriman kamu. Jika kamu memilih template biaya pengiriman, biaya akan dihitung dari template berdasarkan berat atau dimensi produk.


Berikut adalah detail metode penentuan biaya pengiriman (3) :

Penjual menanggung biaya pengiriman.

Pembeli menanggung biaya pengiriman menggunakan shipping template sesuai domisili kamu sebagai penjual.

Pembeli menanggung biaya pengiriman, menggunakan biaya pengiriman tetap yang di tentukan sendiri oleh kamu sebagai penjual.

(Biaya tetap ini artinya kemana pun dan berapa pun berat produk, maka pembeli hanya akan membayar biaya pengiriman sejumlah nilai yang sudah di tetapkan oleh kamu.)

Yuk, upload produk terbaikmu di BLANJA.com!


 

Kelola Promosi Produk dengan Mudah

4-1-2018, 03:15 PM

Ingin tampilan produkmu lebih menarik? Kamu dapat mengatur fitur pemasaran di produk – produk kamu, seperti potongan harga dalam periode tertentu atau pengiriman gratis. Berikut adalah langkah – langkahnya :

Pilih menu my store, di pojok kanan atas.

Pilih menu Pengaturan Promosi / Promotion Management, dibagian Kelola Pemasaran / Marketing Management.


Di menu tersebut, kamu dapat mengatur pemasaran, sebagai berikut (2) :

Diskon Berbatas Waktu / Limited – Time Discount

Pada fitur ini, kamu bisa mengatur pengurangan harga yang bersifat sementara untuk beberapa produk di toko kamu. Selama periode yang telah kamu atur, pembeli akan melihat harga istimewa di PDP (Product Display Page) toko kamu. Berikut adalah langkah – langkah untuk mengaturnya :

  1. Lengkapi isian kolom dari judul promosi, batas waktu
  2. Klik “Tambahkan Produk”, untuk menempelkan produk ke promosi diskon berbatas waktu ini. Setiap promosi berbatas waktu ini, bisa ditempelkan ke maksimum 50 produk.
  3. Setelah tersimpan, promosi akan muncul di bagian pertama daftar Produk Promo.
  4. Harga yang sudah di set promosi pun, tertera di PDP produk terkait.

    Diskon / Order Deal

Pada fitur ini, kamu dapat mengatur fitur gratis ongkir untuk beberapa produk andalan kamu. Berikut adalah langkah – langkah untuk mengaturnya :

  1. Input informasi promosi dan klik “tambah” / “create”, untuk menyimpan deal tersebut.
  2. Input informasi promosi dan klik “tambah” / “create”, untuk menyimpan deal tersebut
  3. Promosi tersebut juga akan muncul di semua PDP (Promotional Display Page) toko terkait sampai periode promosi berakhir.

 

Tunggu apa lagi, yuk tawarkan promo terbaikmu di BLANJA.com!

Mendaftarkan Toko Bisnis di BLANJA.com

4-1-2018, 08:57 AM

Jika kamu sudah mempunyai bisnis yang memiliki entitas legal, seperti SIUP dan NPWP perusahaan berbentuk PT, berikut adalah langkah – langkah mendaftarkan Toko Bisnis di BLANJA.com :

klik “My Store” untuk membuat toko


Klik “Buka Toko”


Verifikasikan nomor ponsel kamu


Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke nomor ponsel kamu, setelah itu klik selanjutnya


Klik “Add Bank Card” untuk informasi nomor rekening bank yang akan di daftarkan. Tambahkan semua informasi yang dibutuhkan, kemudian klik simpan.


Setelah informasi rekening bank disimpan, klik tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan proses pendaftaran toko


Pilih area toko, domestic untuk toko yang berada di Indonesia, Internasional untuk toko yang berasal di luar negeri. Dan kemudian pilih jenis toko “Perusahaan” (Toko yang sudah memiliki SIUP, NPWP Perusahaan dan sudah berbentuk PT), dan klik selanjutnya. Isi semua data informasi yang diwajibkan, untuk semua data yang diberi tanda bintang merah adalah data wajib isi. Untuk Foto SIUP dan NPWP wajib ditambahkan ketika pendaftaran.


Kemudian isi data mengenai informasi toko kamu secara lengkap. Setelah semua data di isi, klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan proses pendaftaran toko.


Kemudian, tahap selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi lagi mengenai informasi tokomu, seperti Nama Toko, Tautan Toko, Nama Merek, Logo, Lokasi Toko, serta dokumen pendukung lainnya.

Jika sudah selesai, kamu bisa klik tombol “Lanjutkan”. Pendaftaran toko Kamu sudah selesai. Tim BLANJA.com akan memverifikasi aplikasi pembukaan toko Kamu paling lambat 2 hari kerja.


Nah, dibawah ini kami bantu lampirkan juga rangkuman alur pendaftaran toko bisnis di BLANJA.com yang bisa kamu share ke teman – teman kamu. Selamat mendaftar!


 

 

Mendaftarkan Toko Individu di BLANJA.com

4-1-2018, 08:55 AM

Jika kamu sudah mempunyai bisnis yang memiliki entitas legal, seperti SIUP dan NPWP perusahaan berbentuk PT, berikut adalah langkah – langkah mendaftarkan Toko Bisnis di BLANJA.com :

klik “My Store” untuk membuat toko


Klik “Buka Toko”


Verifikasikan nomor ponsel kamu


Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim ke nomor ponsel kamu, setelah itu klik selanjutnya


Klik “Add Bank Card” untuk informasi nomor rekening bank yang akan di daftarkan. Tambahkan semua informasi yang dibutuhkan, kemudian klik simpan.


Setelah informasi rekening bank disimpan, klik tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan proses pendaftaran toko


Pilih area toko, domestic untuk toko yang berada di Indonesia, Internasional untuk toko yang berasal di luar negeri. Dan kemudian pilih jenis toko “Perusahaan” (Toko yang sudah memiliki SIUP, NPWP Perusahaan dan sudah berbentuk PT), dan klik selanjutnya. Isi semua data informasi yang diwajibkan, untuk semua data yang diberi tanda bintang merah adalah data wajib isi. Untuk Foto SIUP dan NPWP wajib ditambahkan ketika pendaftaran.


Kemudian isi data mengenai informasi toko kamu secara lengkap. Setelah semua data di isi, klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan proses pendaftaran toko.


Kemudian, tahap selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa informasi lagi mengenai informasi tokomu, seperti Nama Toko, Tautan Toko, Nama Merek, Logo, Lokasi Toko, serta dokumen pendukung lainnya.

Jika sudah selesai, kamu bisa klik tombol “Lanjutkan”. Pendaftaran toko Kamu sudah selesai. Tim BLANJA.com akan memverifikasi aplikasi pembukaan toko Kamu paling lambat 2 hari kerja.


Nah, dibawah ini kami bantu lampirkan juga rangkuman alur pendaftaran toko bisnis di BLANJA.com yang bisa kamu share ke teman – teman kamu. Selamat mendaftar!


 

 

Menangani Post Sale Management

21-12-2017, 12:08 PM

Ini merupakan menu retur transaksi yang ada di BLANJA.com. Notifikasi di menu ini akan muncul, ketika transaksimu sudah dikonfirmasi diterima oleh pembeli, namun terjadi ketidaksesuaian barang pesanan ketika diperiksa oleh Pembeli. Perlu diperhatikan, jika pembeli men-submit aplikasi post – sale  ini, penjual harus menanganinya dalam 3 hari. Dibawah ini adalah 3 bentuk pengelolaan yang perlu kamu ketahui di post – sale management :


Jenis Refund adalah Pengembalian Barang dan Refund, kemudian Penjual Menyetujui Aplikasi dari Pembeli.


Penjual Telah Menerima Barang Pengembalian dari Pembeli dan Menyetujui Aplikasi dari Pembeli.


Penjual Menerima Barang Pengembalian Pembeli dan Ingin Menolak Aplikasi yang Diajukan Pembeli.


 

Proses dan Cara Menangani Refund

21-12-2017, 11:42 AM

Bagaimana jika ada Pembeli yang mengajukan pengembalian dana? Dibawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu saat menangani aplikasi refund di BLANJA.com :


Selanjutnya, dibawah ini adalah beberapa cara untuk memproses aplikasi refund  yang ada di BLANJA.com :

 

Cara Menolak Aplikasi Refund Pembeli, Jika Pembeli Sudah Melakukan Pembayaran (status pemesanan adalah “Buyer Paid Order – NOT SHIPPED)


Cara Menolak Aplikasi Refund Pembeli, Jika Penjual Telah Memproses Pengiriman Barang 

(status pemesanan adalah “Seller Shipped Goods”)


Cara Menangani Aplikasi Refund yang Tanpa Sengaja Telah Disetujui Oleh Kamu 

(status refund adalah “Refund Agreement Reached, Need Buyer to Return Goods”)


Cara Memberikan Refund ke Pembeli


Cara Menangani Aplikasi Refund dan Pengembalian Barang dari Pembeli


 

  • 1
  • 2